rss

Thursday, November 5, 2009

Australia Bentuk Komisi Khusus Selidiki Kebocoran Minyak

Canberra: Menteri Sumber Daya Australia Martin Ferguson menyatakan akan membentuk komisi penyelidikan, terkait kebocoran kilang minyak milik perusahaan PTTEP Austral-Asia Limited yang meluber hingga ke Laut Timor. Komisi yang dipimpin mantan Wakil Menteri Lingkungan dan Kebudayaan itu nantinya akan bertugas mengkaji sebab dan penanganan kebocoran kilang minyak.

Sementara itu, ribuan karyawan pabrik Opel di Jerman berunjuk rasa di depan kantor pusat raksasa otomotif General Motors. Ini dilakukan guna memprotes keputusan pembatalan rencana penjualan unit Opel kepada produsen suku cadang asal Kanada, Magna Grup. Mereka cemas karena keputusan untuk mempertahankan saham Adam Opel GMBH dan mengajukan restrukturisasi akan berujung pada pemecatan puluhan ribu karyawan Opel yang tersebar di tujuh negara Eropa.

Di Jalur Gaza, Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas menyatakan, dirinya tidak akan mencalonkan diri lagi pada bursa pemilihan umum Januari 2010 mendatang. Hal ini terkait dengan tidak adanya kemajuan berarti dalam proses damai dengan Israel. Abbas juga mengungkapkan kekecewaannya terhadap pembangunan permukiman warga Yahudi di Tepi Barat dan Yerusalem Timur yang terus dilakukan Pemerintah Israel.

Di Asia, Thailand dan Kamboja saling menarik duta besarnya dari kedua negara menyusul ditunjuknya mantan Perdana Mentri Thailand,Thaksin Shinawatra sebagai penasihat PM dan Raja Kamboja. Thailand telah lama menentang dukungan Kamboja terhadap Thaksin karena di negerinya ia tengah diburu terkait kasus korupsi.

0 comments:


Post a Comment